Google Reader Ditutup tgl 1 Juli 2013


Salah satu fitur favorit para pembaca di dunia maya, Google Reader, bakal ditutup secara resmi pada tanggal 1 Juli 2013. Hal itu diumumkan pihak Google pada Rabu (13/3). Alasan pemberhentian itu, dikatakan Google, karena jumlah pengguna proyek yang telah berjalan selama 7 tahun tersebut telah menurun drastis.

Google Reader Ditutup tgl 1 Juli 2013

Google mengaku pihaknya memang tengah melakukan proyek 'pembersihan' dengan mengutamakan fitur yang paling banyak digunakan dan menghapus yang paling tidak diminati.

Selain Google Reader, perusahaan juga menghentikan penjualan dan pembaruan untuk aplikasi Desktop Snapseed untuk Mac dan Windows, mematikan CalDAV API, serta mengakhiri dukungan Google Voice untuk BlackBerry.

Namun, perubahan terbesar tentu adalah penutupan Google Reader. Google akan memungkinkan pengguna untuk bisa mengekspor data mereka, termasuk langganan, menggunakan layanan Google Takeout, serta ekspor OPML dalam Google Reader sendiri. Pembaca Google reader memang telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian beralih ke Twitter dan aplikasi seperti Flipboard. Tapi Google Reader sebenarnya masih sangat berguna bagi individu yang mengikuti banyak situs dan web feed.

Pada 2011, Google mengubah layanan Google Reader agar berintegrasi dengan Google+. Pada saat yang sama, perusahaan menghapus beberapa fitur lama, termasuk kemampuan untuk berbagi item Reader dengan pengguna lain. (Mashable)

Sumber : MetroTVNews.com


Komentar Pembaca